Jumat, Mei 01, 2009

“Hot Pilates” Membakar Lemak


Jawa Pos. Makin bertambah usia, rasanya makin bertambah pula keluhan fisik. Mulai dari pegal – pegal di area punggung, perut dan pinggang. Belum lagi, susah tidur hingga berat tubuh yang terus melonjak. Semua keluhan tersebut tidak akan hilang hanya dengan berdiam diri saja. Tubuh harus digerakkan, dengan cara olahraga. Dan salah satu yang dicoba adalah “Latihan Hot Pilates”.

Menurut seOrang intrukstur Elly Gunawan dari merlin Fitnes, “Hot Pilates” merupakan variasi dari pilates. Ciri khas latihan itu adalah meitik beratkan pada ketepatan gerak danberpusat pada batang tubuh (core). Bedanya, “Hot Pilates dilakukan dalam runagan bertemperatur 39 – 40 derajat celcius (karena suhu panas menjadi unsure terpenting).
Dalam prakteknya , “Hot Pilates” menggunkan metode classical Pilates. Alat bantunya berupa matras dan balok. Dan latihannya berdurasi 60 menit. Itu terdiri dari sepuluh bagian, diantaranya : pernafasan, pemanasan, posisi duduk, plank, aliran (flowing), menyamping, tidur, tengkurap, relaksasi dan pernafasan embusan.


Untuk melakukan latihan “Hot Pilates” tidak ada batasan usia, keculai bila mempunyai persoalan medis dan sidarankandokter untuk tidak melakukannya. Disini juga di anjurkan agar 10 menit sebelum latihan sudah berada di ruangan untuk beradaptasi dengan suhu panas. Begitu pula ketika latihan berakhir diharapkan tetap di ruangan sampai selesai pernafasan. Dengan latihan “Hot Pilates” secara rutin memberikan keuntungan lebih, diantaranya membuat otot menjadi lentur serta membakar 300 – 600 lemak dan kalori pada setiap latihan.

Kalau seandainya ada keluhan mual atau pusing, menurut Instrukstur tersebut, itu disebabkan karena pola makan yang tidak teratur serta kurang tidur. Jadi disarankan untuk berpuasa 1 – 2 jam sebelum melakukan “Hot Pilates”. Yang di bolehkan hanya minum air putih, diperbolahkan makan, tapi porsinya sedikit dan tidak berlemak serta berprotein tinggi.
Karena latihan ini begitu menguras keringat, jangan lupa sedia air minum (air putih). Pasokan air putih harus cukup banyak agar tidak dehidrasi. Kenakan pakaian yang lentur dan handuk.

Dibawah ini adalah gerakan – gerakan dari latihan “Hot Pilates:

1. One Hundred
Berbaring dengan posisi kedua lutut ditekuk sambil menjepit balok. Luruskan kedua tangan diatas, tarik nafas. Buang nafas sambil tarik kedua tangan kesamping panggul. Kepala dan punggung atas dinaikan dan mata berpusat pada pelvis (bagian bawh pusar). Lakukan 30 hentakan. Bergantian. Ulagi 4 set.


2. Twist
Kaki kiri ditekuk, kaki kanan lurus memanjang. Tarik nafas, luruskan tangan kanan keatas, tegak lurus dengan bahu. Tarik tangan kiri ke belakang menjauhi badan sejauh mungkin. Buang nafas, turunkan tangan kanan dan dorong ke arah belakang


3. Mermaid
Duduk dengan posisi kaki saling mengikat di sebelah kanan. Tarik nafas, angkat tangan kiri lurus ke atas. Buang nafas, Arahkan dan tarik tubuh bagian samping kiri ke bagian kanan. Taham semampunya. Lakukan bergantian dengan sisi yang lain, masing – masing 8 set.


4. Cobra
Berbaring telungkup dengan kaki terbuka 30 cm. Kedua telapak tangan di samping dada. Dagu menempel matras. Tarik nafas, angkat wajah, dada dan perut ; arahkan pandangan ke atas. Tubuh bagian bawah tetap menempel ke matras. Tahan semampunya. Buang nafas, turunkan kembali ke matras. Lakukan 4 set.


5. Spine Twist
Duduk dengan kaki lurus. Jepit balok di antara dua kaki dan rentangkan kedua tangan lurus sejajar bahu. Tarik nafas, Buang nafas, putar bagian atas tubuh (pinggang ke atas) ke kanan semaksimal mungkin (bagian bawah tubuh terkunci). Tarik nafas, kembali ke tengah. Lakukan pada sisi yang lain, masing – masing 4 set.


6. Spine Stretch Forward
Duduk dengan kaki lurus, terbuka 30 cm. Pusatkan perhatian pada punggung. Luruskan kedua tangn di depan sejajar dengan bahu, tarik nafas. Buang nafas, dorong punggung ke depan samapi tangan melewati kaki. Tarik nafas, lalu tahan semampunya. Buang nafas, kembali ke posisi. Lakukan 8 set.


7. Rest Position
Duduk diatas tumit. Gerakkan tubuh ke depan samapi kaki menyentuh lantai. Luruskan tangan ke depan. Bernafas dengan rileks dan tahan selama mungkin. Lakukan 8 set.

“Hot Pilates” dapat dilakukan secara rutin untuk memperolah manfaatnya. Minimal seminggu sekali dan maksimal dua kali minggu. Hasil seluruh gerakan lebih baik bila dikombinasikan dengan latihan lain. Misal aerobik dan yoga.


Sumber : Jawa Pos, sabtu 25 April 2009.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mOnggO ninggalaken kOmentar njiiih