Sabtu, Mei 02, 2009

"10 pOin Kebahagian"

Mencari kebahagiaan adalah fitrah murni setiap manusia. Tidak melihat apakah itu lelaki atau perempuan, tua atau muda, orang kaya atau orang miskin, orang besar atau orang kecil. Semua menginginkan kebahagiaan. Segala tindak tanduk manusia dapat kita lihat tidak lain dan tidak bukan hanya untuk mencari kebahagiaan.

Kebahagiaan itu bukan terletak pada tangan, mata, kaki, telinga atau yang lainnya. Tetapi kebahagiaan itu terletak pada hati atau jiwa. Orang yang mendapat kebahagiaan akan merasa ketenangan hati, ketenangan jiwa dan keindahan ruh. Kalau kita lihat berbagai cara dan jalan telah ditempuh oleh manusia untuk mendapatkan kebahagiaan. Ada yang mencari kebahagiaan melalui kekayaan, pangkat, nama, kemasyhuran atau isteri yang cantik. Tetapi yang menjadi permasalahan sekarang adalah, benarkan semua itu dapat memuaskan hati manusia dengan mutlak?

Kalau mencari kebahagiaan itu diusahakan dengan kebendaan (kekayaan, pangkat dan jabatan, nama dan glamOr), percayalah…manusia akan gagal mencapai kebahagiaan,yang ada adalah manusia akan mencapai kekecewaan, manusia akan merasa malang sepanjang hari, jiwa tidak tenang, tidak tenteram sepanjang masa. Inilah yang dikatakan Neraka sementara sebelum merasakan Neraka yang hakiki dan dahsyat serta mengerikan di akhirat nanti.

Ada beberapa kiat untuk mencapai kebahagian tersebut:
  1. Hidup hemat dan bijaksana dalam mengeluarkan uang. Orang yang gemar berbelanja, tidak pernah,  tidak akan pernah merasa cukup bahkan menjadi semakin kikir dan serakah. Hidup hemat merupakan kunci kepuasan diri.
  2. Jangan terlalu gelisah menghadapi masa depan. Janganlah terlalu berangan -angan dan yakinlah bahwa masalah rejeki itu sudah ditentukan dan pasti sampai kepadamu.
  3. Bertakwa kepada Allah SWt, seperti Firmannya yang berbunyi: "Barangsiapa bertakwa, maka Allah akan memberikan kepadanya jalan keluar dan memberikan rejeki dari aeah yang tidak disangka - sangka". (QS. Ath - Thalaq : 2).
  4. Memahami bahwa di balik kepuasan diri itu terdapat nilai positif tersendiri berupa perasaan cukup, dan bahwa dibalik tamak dan loba terdapat nilai negatif. Kemudian belajar banyak dari semua itu.
  5. Perbanyak merenungi kehidupan para nabi dan orang - orang sholeh dengan difat qana'ah, rendah hati mereka dalam menikmati hidup dan kecintaan mereka terhadap akhirat.
  6. Lihatlah mereka yang bernasib tak lebih baik dari diri kita.
Sedangkan seOrang psikOlOg berkebangsaaaan Amerika (Dr. Dick) mengatakan :"Kehidupan yang bahagia adalah seni keindahan yang memiliki sepuluh kiat", diantaranya :
  1. Melakukan pekerjaan yang disukai. Jika ada kendala dalam pelaksanaanya, makacobalah melakukan apa yang menjadi hobi pada waktu engkau senggang atau pada saat engkau sibuk.
  2. Menjaga kesehatan adalah kunci kebahagiaan itu sendiri. Bentuknya misalnya ,dengan menjaga keseimbangan pola makanan, olah raga dan menjauhi kebiasaan yang membahayakan.
  3. Harus memiliki tujuan dalam hidup, karena itu yang akan membuat bersemangat.
  4. Menerima kehidupan apa adanya dan merasakan manis getirnya hidup.
  5. Menghadapi hidup yang ada hari ini, tidak menyesali yang telah lalu dan tidak bersikap gelisah akan hari hari esok yang belum datang.
  6. Hendaknya selalu berfikir dalam kerja dan mengambil keputusan. Tidak menyalahkan orang lain ketika keputusannya tersebut salah.
  7. Hendaknya melihat orang yang lebih rendah darinya dalam keberuntungan. Karena kadang kita lebih beruntung dari yang lainnya, tapi kita tidak menyadari dan mensyukurinya.
  8. Selalu tersenyum dengan wajah bersei dan selalu bertaman dengan mereka yang optimis.
  9. Hendaknya membantu orang lain bahagia agar ia mendapat curahan kebahagiaan.
  10. Mengambil kesempatan - kesempatan berharga dan menjadikannya sebagai terminal kehidupan.

Pencerahan
"Nikmatilah harimu dan bersungguh - sungguhlah. Carilah sesuatu yang dapat mencegah penderitaan sebelum penderitaanitu datang menyerangmu".



Sumber : buku "Menjadi Wanita Paling Bahagia (salah satu buku koleksiku)
         . : ABOUTMIRACLE’s Weblog : . (http://www.blogger.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mOnggO ninggalaken kOmentar njiiih