Sabtu, Mei 02, 2009

"Terapi Sehat Ala Rasulullah SAW"


"BerObat Sambil Beribadah"

Beberapa kajian Ilmiah menyebutkan bahwa Rasulullah SAW, merupakan manusia tersehat di dunia. Kesimpulan ini tentunya tidak mengada - ada, sebab sejarah juga membuktikan bahwa selama hidupnya Rasulullah SAW hanya sekali mengalami sakit, yaitu saat -saat menjelang akhir hayat beliau. Realitas ini tentu menimbulkkan decak kagum dan rasa penasaran, baik di kalangan Ilmuwan Muslim maupun Ilmuwan Non Muslim.

Salah satu hasil penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para ilmuwan menyebutkan, bahwa rahasia Rasulullah SAW adalah karena beliau rajin menjalankan Ibadah terutama Puasa. Beliau juga dikenal sebagai sosok yang sangat pintar menjaga dan mengatur urusan makan (manajemen perut). Bahkan dalam salah satu hadist yang terkenal menyebutkan "Bahwa beliau tidak makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang". Subhanallah.

Di Kalangan para dokter Arab (atibba') ketika melakukan analisa, ternyata memperoleh kesimpulan yang sama, sehingga mereka membuat satu kesimpulan besar sebagai ungkapan dalam pernyataan mereka "al-Bathnu Daa' Wal Hamiyatu Aslud Dawaa' (lambung ada-lah pusat berbagai macam penyakit dan puasa adalah obatnya)". Kebenaran pernyataan ini ternyata juga di akui oleh para ahli kedokteran Barat, bahwa puasa (menahan makan atau minum dalam waktu tertentu) dijadikan sebagai salah satu terapi penyembuhan.

Namun, selain rajin menjalankan ibadah puasa, ada hal lain dari rahasia sehat ala rasulullah, yaitu resep sehat beliau terkait dengan manfaat dan keistimewaan buah kurma dan air zam zam.

KEISTIMEWAAN AIR ZAM -ZAM
Dalam sebuah hadist shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim disebutkan bahwa setelah Rasulullah SAW meminum air zam - zam, lalu beliau bersabda: "Air Zam - Zam adalah minuman yang mengenyangkan dan obat bagi penyakit".
Dan pernyataan rasulullah tersebut juga terbukti secara ilmiah. Berdasarkan berbagai penelitian, yang di ungkapkan oleh "Lestyarini handoyo", ditemukan bahwa selain Zam - Zam sebagai salah satu indikator air sehat, air tanah suci ini juga terbukti memiliki kandungan Mineral yaitu Kalsium, Magnesium (kandungannya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan air konsumsi yang biasa kita minum) dan Fluorida yang tinggi. Juga memiliki muatan ion-ion yang seimbang.

*Kalsium*
Kalsium di dalam tubuh berfungsi dalam pembentukan tulang dan gigi, selain itu juga berperan penting dalam reaksi pembentukan darah, dan reaksi ini sangat diperlukan selama proses penutupan luka dan penghentian aliran darah saat terjadi luka. Manfaat lain adalah sebagai media untuk terjadinya respon hormonal dan berfungsi sebagai salah satu indikator kerja enzim.
Dan bagi ibu hamil, keberadaan kalsium sangat membantu pembentukan otak, tulang serta sel-sel darah merah di dalam janin.  Juga berfungsi untuk menurun tekanan darah, dan memiliki kemampuan mengikat kolesterol.

*Magnesium*
Merupakan mineral prima pengikat ion fosfat di dalam tubuh dan berperan dalam proses metabolisme yang menghasilkan tenaga. Kebutuhan akan magnesium di dalam tubuh antara 300 - 450 mg/hari. Kalau sampai kekurangan akang mengakibatkan kelelahan yang bersifat kronis, kekurangan energi, serta menurunkan respon imun baik selular maupun humoral.

KURMA
Yang terkait dengan manfaat kurma sebagaimana yang diungkapkan oleh Rasulullah SAW, dari hasil penelitian menyebutkan bahwa Kurma memiliki banyak manfaat bagi manusia. Hal ini tertuang dalam pernyataan Resmi Departemen Kesehatan Kuwait yang berjudul `Manafi'ut Tamr', diantaranya adalah :
  1. Kurma memilik kandungan zat gula yang sangat besar, dan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh.
  2. Kurma mudah dicerna, hingga tidak memberatkan alat pencernaan.
  3. Kurma mengurangi rasa lapar dengan cepat, sehingga mengurangi dorongan untuk makan dalam porsi yang banyak. Denagn demikian pencernakaan tidak dibebani oleh kerja berat.
  4. Memberikan kesiapan pada lambung untuk menerima makanan setelah beberapa lama lambung tidak terisi.
  5. Mencegah penyakit maag yang biasa timbul karena pergantian jawadal makan.
  6. Alkalinitas yang terkandung dalam kurma dapat menetralisir asam kuat pada darah yang sering kali menyebabkan penyakit - penyakit berbahaya seperti diabetes, rematik, ginjal, darah tinggi dan wasir.
Demikianlah, jika kita bisa menerapkan "Resep Sehat Ala Rasulullah SAW" dalam kehidupan sehari - hari, maka kita akan mendapatkan manfaat, yaitu desamping mendapatkan kesehatan sekaliigus juga beribadah dengan mempraktekkan salah satu sunnahnya. Wallahu a'lam.


Sumber : Buku "Hidayah" Edisi Maret'06

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mOnggO ninggalaken kOmentar njiiih