Minggu, Agustus 10, 2008

Tips RASULULLAH SAW … mengatasi STRES


Langkah yang harus diambil oleh orang yang beriman sebagaimana Nabi Muhammad juga mengamalkannya saat STRES melanda beliau adalah:

 
a. Meningkatkan ZIKIR.
“(Yaitu) Orang-orang yang beriman dan tentram hatinya dengan cara mengingat Allah. Ingatlah! dengan mengingat Allah di peroleh ketentraman hati”.
{QS. Ar Ra’d: 28}

Jika seseorang tengah di landa Stres, Rasulullah SAW menekankan pula agar kita mempertebal kenyakinan kita bahwa hanya Allah lah pelindung atas berbagai cobaan yang menimpa kita. Yakinkan juga bahwa sesungguhnya kita adalah milik Allah dan kelak akan kembali pada-Nya.

b. Meningkatkan Ibadah Shalat.
“Hari orang-orang yang beriman, Jadikanlah Sabar dan Shalat menjadi pembantumu (untuk mencapai cita-citamu karena sabar dan shalat itu menenangkan jiwa, menetapkan hati, menjadi benteng dari perbuatan salah dan selalu mendorong untuk berbuat baik). Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”.
{QS. Al-Baqarah : 153}

Sikap sabar membuat manusia yang tengah dilanda emosi mampu meredam amarahnya. Pikiran yang kalut dapat diredam oleh akal dan intuisinya jernih. Sementara Shalat menjadi senjatanya untuk melebur segala gejolak jiwa yang tidak stabil yang kerap muncul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mOnggO ninggalaken kOmentar njiiih