Selasa, September 16, 2008

barOngsai di "BG JUNCTION"


Kesenian barOngsai mulai pOpuler di zaman dinasti Selatan-Utara (Nan Bei) tahun 420-589 Masehi. Kala itu pasukan dari raja Song Wen Di kewalahan menghadapi serangan pasukan gajah raja Fan Yang dari negeri Lin Yi. Seorang panglima perang bernama Zhong Que membuat tiruan boneka singa untuk mengusir pasukan raja Fan itu. Ternyata upaya itu sukses hingga akhirnya tarian barOngsai melegenda. Kesenian barongsai diperkirakan masuk di Indonesia pada abad-17, ketika terjadi migrasi besar dari Tiongkok SelatanBarongsai di Indonesia mengalami masa maraknya ketika jaman masih adanya perkumpulan Tiong Hoa Hwe Koan. Setiap perkumpulan Tiong Hoa Hwe Koan di berbagai daerah di Indonesia hampir dipastikan memiliki sebuah perkumpulan barongsai. Perkembangan barongsai kemudian berhenti pada tahun 1965 setelah meletusnya Gerakan 30 S/PKI. Karena situasi politik pada waktu itu, segala macam bentuk kebudayaan Tionghoa di Indonesia dibungkam. Barongsai dimusnahkan dan tidak boleh dimainkan lagi.


Perubahan situasi politik yang terjadi di Indonesia setelah tahun 1998 membangkitkan kembali kesenian barongsai dan kebudayaan Tionghoa lainnya. Banyak perkumpulan barongsai kembali bermunculan. Berbeda dengan zaman dahulu, sekarang tak hanya kaum muda Tionghoa yang memainkan barongsai, tetapi banyak pula kaum muda pribumi Indonesia yang ikut serta.

*phOtO aku ambil pada tanggal 14 September 2008 di "BG JUNCTION" blauran*
 



Pagelaran barOngsai malam itu membuat para pengunjung "BG JUNCTION" berdecak kagum dengan tingkah pOlah para barOngsai yang kadang lucu, tapi juga menegangkan bagi yang melihatnya. Para pemain barOngsai pasti punya OtOt yang kuat dan kekOmpakan luar biasa dalam memainkan barOngsai, dimana ada gerakan yang mengangkat teman nya yang di depan ke atas. .Karena nggak jarang pemain barOngsai lOncat sana sini ..... naik turun bangku yang di sediakan untuk atraksi dan penOntOn-pun banyak yang memberikan angpOu yang di masukkan ke dalam amplOp merah yang di edarkan Oleh para pemain lainnya, dan yang menerima angpOu tentunya adalah barOngsainya itu sendiri dengan kekOmpakan teamnya pagelaran barOngsai kemarin malam sukses ...... dan penOntOn pun mengikuti para barOngsai mengambil angpOu pada setiap stan², dimana angpOu itu di gantungkan di dinding ....... dan dengan sigapnya barOngsai² itu mengambilnya ....:)

Demikian yang bisa aku tulis tentang barOngsai dalam pagelaran kemarin, yang pasti aku senang banget melihat pegelaran barOngsai tersebut ...... apalagi kemarin itu di temani ma kekasih_Q tercinta :):)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mOnggO ninggalaken kOmentar njiiih